Gunug Poteng

PotengGunung Poteng adalah salah satu kawasan yang termasuk dalam hutan Cagar Alam Raya Pasi dengan luas 3.700 ha yang telah ditetapkan sesuai SK Menhut Nomor 111/Kpts-II/1990 pada tanggal 20 Mei 1978 ini memiliki beraneka ragam pesona alam yang indah. Di kawasan inilah tempat tumbuhnya bunga rafflesia tuan mudae, anggrek singkawang (Dendrobium Singkawangense), bunga law belacan (Rhizanthes Zippelii)serta berbagai jenis fauna seperti beruang madu, trenggiling dan landak. Gunung Poteng adalah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi serta sering menjadi media untuk para pendaki dan penjelajah hutan mengekspresikan hobi bertualangnya. Dulunya, Gunung Poteng yang letaknya hanya 9 kilometer sebelah timur Kota Singkawang ini kondisinya masih dalam keadaan alami.

Letak Kawasan

Gunung Poteng merupakan salah satu gunung yan gterdapat di kawsan Cagar Alam Raya Pasi, dimana Gunung Poteng ini terletak di Kecamatan Singkawang Timur dengan letak geografis antara 0º 45’17” – 01º01’21,51”LU dan 108º59’45,1” – 109º10’19”BT.

Aksebilitas

Untuk menuju ke daerah Gunung Poteng dapat melewati ruas jalan Singkawang menuju Bengkayang yang dapat ditempu dengan kendaraan umum jenis oplet dengan waktu tempuh sekitar 25 menit sampai dimuka jalan Dusun Sylca Poteng. Dari muka jalan menuju wisma Gunung Poteng dapat ditempuh oleh kendaraan roda empat dengan jarak ± 3 Km, kondisi jalanan cukup baik dan telah beraspal dan jika berjalan kaki meerlukan waktu ± 45 menit.

Flora

Berbagai jenis flora yang dilindungi di Cagar Alam ini antara lain Bunga Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Bintang (Rhizanthes zepelii), Bunga Padma Raksasa ((Rafflesia tuan-mudae) dan eberapa jenis anggrek.

Beberapa jenis tumbuhan yang ditemukan

Pada Cagar Alam Raya Pasi

No.

Nama latin

Nama Daerah

Famili

1

2

3

4

1.

Hopea sp Tekam Dipterocarpaceae

2.

Macaranga maingayi Mahang Euphorbiaceae

3.

Artocarpus sp Terap Mimosaceae

4.

Shorea sp Engkabang Dipterocarpaceae

5.

Scorodecarpus borneensis Teradu

6.

Diosyros poisoicarpa Tuba buah

7.

Cratoxylon arborescens Tamau

8.

Shorea laevifolia Masang Dipterocarpaceae

9.

Shorea sp Meranti Batu Dipterocarpaceae

10.

Dahasia pauciflora Maring Kangin Euphorbiaceae