Patient Counselling

counselling patient

Farmasis merupakan salah satu tenaga kesehatan yang mengambil peran penting dalam terciptanya pelayanan kesehatan yang baik. Salah satu peran farmasis adalah pengadaan dan penyaluran obat kepada pasien, pelayanan resep, dan penyaji informasi kepada pasien mengenai obat yang akan mereka konsumsi. Namun pada kehidupan sehari-hari, peran seorang farmasis belum begitu nampak dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Peran farmasis hanya sebatas pengadaan obat di dalam ruangan apotek dan penyerahan serta pemberian informasi obat kepada pasien dilakukan oleh tenaga kerja lainnya. Tenaga selain farmasis pada umumnya belum dapat menyediakan informasi yang cukup baik kepada pasien. Sehingga penyalahgunaan obat masih terjadi pada masyarakat.

Melihat keadaan tersebut, dalam PIMFI 2013 diadakanlah rangkaian acara Patient Counselling. Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memberikan bekal tambahan kepada para mahasiswa farmasi untuk mengadakan Counselling kelak. Terdapat 2 rangkaian acara Counselling yaitu Patient Counselling Training(PCT) dan Patient Counselling Event(PCE). PCT merupakan kegiatan Workshop ataupun Sharing dengan tujuan memberikan kiat-kiat dan cara memberikan Counselling yang baik kepada pasien. PCE merupakan perlombaan Counselling yang pesertanya merupakan delegasi PIMFI. Dalam PCE ini, para delegasi dapat menerapkan langsung cara cara memberikan Counselling kepada pasien. Adapun mekanisme lomba PCE adalah sebagai berikut :

  1. Peserta yang telah mendaftar lomba PCE akan di seleksi dengan menjawab sebuah soal yang diberikan dalam bentuk essay dan diberikan waktu sebanyak 15 menit untuk hal tersebut
  2. Peserta yang ikut harus perorang
  3. Setelah lolos babak penyisihan dipilih 10 terbaik pilihan juri dan akan beracting memberikan konseling kepada pasien yang sudah dipersiapkan oleh panitia dan dinilai oleh juri.

Berikut merupakan link untuk membaca dan mendownload TOR untuk PCE https://pimfiuntan2013.files.wordpress.com/2013/05/pce.pdf